interview Wawancara
LOWONGAN,  TIPS & TRIK

Senjata Rahasia Pencari Informasi Wawancara Pekerjaan

Apa Manfaat Mencari Informasi Wawancara Pada Suatu Perusahaan?

Jobs Finder Now – Salah satu strategi yang paling kuat tetapi kurang dimanfaatkan dalam mencari pekerjaan adalah informasi wawancara, proses melakukan percakapan yang sangat terfokus dengan para profesional yang saat ini bekerja di bidang minat Anda untuk mengumpulkan informasi tentang pekerjaan, perusahaan, bidang atau industri.

Informasi wawancara memberikan peluang bagus untuk mendapatkan pengetahuan yang mungkin tidak dapat Anda temukan di tempat lain, memperjelas pemahaman Anda, mempertajam fokus Anda, membuat koneksi, membangun hubungan dengan para profesional yang berpengaruh dan berpotensi mendapatkan pekerjaan.

Di pasar saat ini, sebagian besar pekerjaan ditemukan melalui koneksi pribadi dan profesional; faktanya, 80 hingga 90 persen pekerjaan diperoleh melalui jaringan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lee Hecht Harrison, perusahaan jasa manajemen karir global, rata-rata pencari kerja berbicara dengan 25 pembuat keputusan yang berbeda sebelum mendapatkan tawaran pekerjaan dari salah satu dari mereka.

Tips Informasi Wawancara 2019

  • Belajar tentang keterampilan yang dibutuhkan untuk suatu posisi atau bidang
  • Mendapatkan informasi yang jujur, mendalam, dan terbaru
  • Pemahaman budaya perusahaan / industri yang lebih baik dan Anda cocok bekerja disana
  • Memoles keterampilan wawancara dan mendapatkan kepercayaan diri dan ketenangan
  • Membangun kontak profesional dengan seseorang di bidang minat
  • Membuat kemungkinan kontak tambahan
  • Mengembangkan pengenalan diri dan reputasi positif dalam lingkaran profesional Anda
  • Mengungkap area atau bidang yang tidak Anda ketahui
  • Mempelajari tentang pekerjaan yang belum banyak diketahui
  • Meminta saran orang lain terkait dengan pekerjaan tersebut agar lebih siap ketika melakukan wawancara, carilah orang-orang yang bersedia meluangkan waktu untuk bertemu karena mereka memahami nilai jaringan dan mendapatkan kepuasan ketika membantu orang lain. Jika Anda menemui orang-orang yang tidak responsif atau tidak mau jangan dilanjutkan. Akan ada orang lain yang lebih reseptif.

Berbicara dengan Orang yang anda Kenal

Bahkan jika Anda saat ini tidak mengenal seseorang di bidang minat Anda. Mulailah dengan berbicara dengan orang yang Anda kenal seperti teman. Keluarga, tetangga, majikan, kolega, profesor, dan teman sekelas. Juga memanfaatkan LinkedIn, pusat karir alumni Anda dan asosiasi profesional.

Setelah Anda mendapatkan nama kontak di perusahaan yang anda target atau dalam suatu industri, kirim lamaran pekerjaan anda kepada orang tersebut. Permintaan untuk informasi wawancara melalui email atau LinkedIn, idealnya di tengah minggu ketika mereka akan lebih banyak waktu untuk memperhatikan dan membacanya. Sertakan permintaan Anda di badan pesan, tidak menggunakan lampiran karena orang sering curiga membukanya dari pengirim yang tidak mereka kenal.

  • Struktur pesan Anda akan terlihat seperti ini:

Paragraf 1: Beri tahu mereka bagaimana Anda mendapatkan nama mereka dan mengapa Anda menghubungi mereka. Perjelas bahwa Anda mencari informasi, bukan pekerjaan.

Paragraf ke-2: Berikan beberapa informasi latar belakang tentang diri Anda. Seperti bagaimana Anda menjadi tertarik dengan perusahaan atau industri mereka dan pengalaman terkait apa pun yang Anda miliki.

Paragraf ke-3: Ungkapkan permintaan Anda. Mintalah 15 hingga 20 menit waktu mereka untuk wawancara informasi singkat. Dengan hanya meminta 15 hingga 20 menit, kemungkinan besar kontak Anda akan setuju untuk bertemu dengan Anda, itu menciptakan kemungkinan bahwa mereka akan menyarankan pertemuan untuk jangka waktu yang lebih lama dan meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan memberi Anda referal lain . Ucapkan terima kasih sebelumnya atas pertimbangan mereka dan beri tahu mereka bahwa Anda akan menindaklanjutinya dengan menelepon mereka lebih awal pada minggu berikutnya. Sertakan nomor telepon Anda di email Dadu Online yang Anda kirim untuk berjaga-jaga jika mereka memutuskan untuk menghubungi dan menghubungi Anda terlebih dahulu.

Jangan Menjadi Agresif

Tindak lanjut adalah seni yang halus Anda ingin berinisiatif, tetapi Anda tidak ingin menjadi terlalu agresif. Sebagai aturan umum, tindak lanjuti email yang anda kirim. Hubungi mereka dengan kontak Anda, dengan menelepon mereka lebih awal pada minggu berikutnya seperti yang Anda nyatakan dalam email pengantar Anda. Jika Anda tidak menerima tanggapan dalam beberapa hari, kirim email singkat untuk memastikan mereka tidak mengabaikan permintaan awal Anda. Jika Anda masih tidak mendengar kabar dari orang itu, tetap tunggu.

Jika anda di setujui untuk melakukan wawancara, anda perlu bersabar dan menghormati jadwal sibuk mereka. Ketika wawancara Anda hanya membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit dari waktu mereka dan biarkan mereka yang menentukan tanggal, waktu dan apakah itu akan dilakukan secara langsung atau melalui telepon.

Mencari pekerjaan mungkin terasa tidak seperti apa pun yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Tetapi ingatlah bahwa Anda telah mempersiapkannya untuk seluruh kehidupan akademis Anda. Gunakan alat dan informasi wawancara serta keterampilan yang Anda peroleh ketika mencari ilmu dan Anda akan berada jauh di depan kurva pencarian kerja.